IKAN YANG HIDUP DI LAUT

Diposkan oleh SCIENTIFIC... | 15.42 | | 0 komentar »

Ada banyak jenis ikan yang hidup di laut. Antara alin :

1. Barakuda



Barakuda itu cukup terkenal dengan wajah yang serem. Panjangnya sekitar enam kaki dan lebarnya kira-kira satu kaki.Tubuhnya panjang dan ditutupi oleh sisik yang halus. Ikan ini dapat ditemukan di samudra tropis dan subtropis di seluruh dunia.


2. Coelacanth



Memiliki duri yang berongga disiripnya. katanya si dulu udah punah,, tapi ternyata masih ditemukan di daerah Komoro.


3. Hiu



Hiu bernapas dengan menggunakan lima liang insang.Hiu mempunyai tubuh yang dilapisi kulit dermal denticles untuk melindungi kulit mereka dari kerusakan, dari parasit, dan untuk menambah dinamika air.Hiu umumnya lambat mencapai kedewasaan seksualnya dan menghasilkan sedikit sekali keturunan dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya.


4. Tuna



Tuna merupakan perenang handal. Daging ikan ini berwarna merah muda sampai merah tua. Hal ini karena otot tuna lebih banyak mengandung myoglobin dari pada ikan lainnya. Beberapa spesies tuna yang lebih besar, seperti tuna sirip biru (bluefin tuna), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam.


5. Kerapu



Ciri fisik ikan kerapu adalah bentuk ujung sirip ekor, sirip dada, dan sirip dubur ikan berupa busur. Kepala dan badannya berwarna abu-abu pucat kehijauan atau kecokelatan. Badan dipenuhi dengan bintik-bintik gelap berwarna jingga kemerahan atau coklat gelap. Bintik-bintik di bagian tengah lebih gelap dibanding yang di pinggir. Ukuran bintik semakin mengecil kearah mulut. Adapun punggung dan pangkal sirip punggung ikan terdapat bercak besar kehitaman. Ikan kerapu merupakan ikan air laut yang belakangan ini dihargai cukup tinggi.


6. Terubuk



Ikan terubuk bersifat hermafrodit proandri dan berpijah sepanjang tahun di sekitar muara sungai Siak.Dalam keseluruhan siklus hidupnya yang dijalani dalam waktu kurang dari dua tahun (18 bulan), pada tahun pertama kehidupannya sebagai ikan jantan (disebut 'pias') dan pada tahun kedua sebagai ikan betina (disebut 'terubuk'). Ikan terubuk adalah ikan pemakan plankton terutama larva dari kelompok Crustacea dan Brachyura (meroplankton) disamping larva Molluska, Annelida dan Diatomae.


7. Tenggiri



Tubuh ikan tenggiri tertutupi oleh sisik kecil dan tipis, punggungnya berwarna hijau-kebiruan, sisik berwarna perak, dengan pola garis-garis berwarna biru gelap, warnanya akan semakin pudar ketika mati. Ikan ini bermulut besar, dan taring di bagian bawah dan atas mulutnya terlihat lebih tajam daripada taring ikan mackerel Spanyol.


8. Haring



Tahun ini ikan haring yang lebih dikenal dengan nama 'Hollandse Nieuwe' menurut para penggemarnya lebih enak dan lebih berlemak alias gemuk daripada yang tahun lalu.Ikan haring biasanya dimakan mentah-mentah dengan cara dipegang ekornya.


9. Lepu



Lepu adalah sekelompok spesies ikan laut yang beracun yang tergabung dalam genus Pterois, Parapterois, Brachypterois, Ebosia atau Dendrochirus dari keluarga Scorpaenidae. Lepu merupakan spesies predator. Ketika berburu, mereka akan menyudutkan buruannya dengan sirip besarnya dan dengan refleks cepatnya mereka menekan buruannya sekaligus. Lepu dikenal karena durinya yang panjang dan memiliki warna merah, coklat, oranye, kuning, hitam atau putih berselang-seling. Habitat Lepu berada di bebatuan karang wilayah Indo-Pasifik. Beberapa spesies juga ditemukan di pantai timur Atlantik dari Long Island sampai Florida.


10. Badut



Ikan badut hidupnya selalu dekan dengan anemon, keduanya memang dapat bekerja sama saling menguntungkan. Ikan badut dapat berlindung dari serangan ikan lainnya dengan bersembunyi di anemon sedangkan anemon bisa memperoleh makanan dari ikan badut.


11. Blowfish




Blowfish merupakan ikan kecil yang memiliki tubuh berduri. Duri pada tubuh ikan ini berguna untuk melindungi ikan ini dari serangan makhluk laut lainnya. Ikan laut yang kurus elongated ini, tubuhnya dapat memompa air atau udara untuk membentuk sebuah bola beberapa spesies mengandung racun saraf yang mematikan.


12. Pari



Ikan pari manta (Manta birostris) adalah salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Ciri khas manta adalah sepasang "tanduk" di dekat mulutnya. "Tanduk" ini sebenarnya adalah sepasang sirip kepala yang membantu memasukkan air laut yang mengandung plankton makanannya dan bisa ditekuk ke dalam mulut. Di dalam mulutnya juga terdapat 300 gigi kecil berbentuk pasak dan nyaris tersembunyi di bawah kulit. Gigi ini tidak digunakan untuk makan, namun mungkin gigi ini berguna saat manta melakukan perkawinan.Manta juga memiliki lima pasang celah insang di bagian bawah tubuhnya untuk mengeluarkan air yang masuk melalui mulutnya. Di bagian dalam celah insangnya terdapat tapis insang atau piringan penyaring yang berfungsi untuk memerangkap plankton yang masuk bersama dengan air laut.


13. Kakap



Bentuk tubuhnyanya bulat pipih memanjang dengan mempunyai sirip di bagian punggung. Di bawah perut juga terdapat sirip. Di bagian dekat anal juga terdapat sirip analnya. Sebagai ikan penguasa karang, ikan kakap dilengkapi dengan gigi untuk mengkoyak mangsanya. Karakternya dalam menyergap mangsanya, ikan kakap biasanya bersembunyi di balik karang atau rumpon dan mengambil lokasi tepat di muka arus. Ketika ada makanan apa saja yang hanyut langsung disergapnya untuk mengisi perutnya.


14. Napoleon Wrasse.



Ikan Napoleon (Cheilunus undulatus) adalah salah satu ikan karang besar yang hidup pada daerah tropis. Panjang ikan ini bisa mencapai 1.5 meter. Dan beberapa ikan bisa mencapai ukuran sampai 180 kg pada usia 50 tahun. Kehidupan hewan ini umumnya sama dengan ikan karang lain yang hidup secara soliter. Salah satu keunikan hewan ini adalah lingkar bola matanya yang dapat melihat arah sudut pandang sampai 180 derajad. Ikan ini mempunyai pola reproduksi yang hermaphrodite. Biasanya ikan ini lahir sebagai hewan jantan dan akan berubah menjadi betina saat menjelang dewasa.


15. Billfish


Pada tau gak jenis ikan apa aja yang hidup di laut??

Billfish dicirikan dengan ukuran yang besar dan panjang, memiliki mulut panjang yang berbentuk seperti pedang. Mereka merupakan predator puncak di berbagai ikan yang lebih kecil. Ikan pedang kadang-kadang ditemukan di perairan beriklim sedang. Billfish dicirikan memiliki spearlike panjang atau swordlike rahang atas atau paruh yang dapat digunakan untuk menyetrum mangsa selama makan.

0 komentar

Poskan Komentar