My Firs CSL : Diare

Diposting oleh SCIENTIFIC... | 05.21 | 0 komentar »

      Diare merupakan penyakit yang sudah lazim terjadi dikalangan penduduk di seluruh dunia. Penyakit diare ditandai dengan adanya tinja yang lembek dan cair disertai dengan kejang perut. Diare dapat menyerang siapa saja mulai dari bayi hingga orang dewasa. Banyak orang menganggap bahwa diare merupakan penyakit yang tidak berbahaya. Namun hal tersebut sangat keliru karena fakta menunjukkan berdasarkan catatan WHO, dua juta anak di dunia meninggal setiap tahunnya akibat penyakit diare. Sedangkan di Indonesia sendiri diare merupakan penyebab kematian kedua terbesar pada balita.
Diare sangat berbahaya terutama pada bayi dan balita karena sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuhnya belum dapat berfungsi secara optimal. Hal tersebut mengakibatkan bayi dan balita mudah terserang virus dan bakteri penyebab diare. Sementara itu diare pada orang dewasa selain disebabkan oleh bakteri,  dapat juga disebabkan oleh pola makan yang kurang seimbang yakni terlalu sering mengonsumsi makanan pedas atau bersantan. Diare dapat pula disebabkan oleh stress yaitu perasaan takut dan cemas akan sesuatu hal secara berlebihan.
Diare dapat menjadi sangat bahaya ketika telah menimbulkan dehidrasi. Dehidrasi merupakan suatu keadaan di mana tubuh mengalami kekurangan cairan akibat cairan elektrolit tubuh banyak keluar bersama tinja. Hal tersebut sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan fungsi tubuh tidak berjalan dengan baik.
Pertolongan pertama diare dapat dilakukan dengan cara memberikan larutan oralit yaitu larutan yang terdiri atas air yang higenis dicampur dengan garam dan gula.  Namun penangan diare tidak dapat sembarangan karena pemberian obat anti diare yang tidak tepat justru dapat mengakibatkan bahaya pada penderita diare.

0 komentar

Posting Komentar