GRAVITASI

Diposting oleh SCIENTIFIC... | 22.57 | | 0 komentar »

Tau ga gravitasi itu apa??



Setahu gw gravitasi itu gaya tarik menarik antara benda berpartikel yang punya massa. Contohnya Bumi tempat kita hidup. Bumi mempunyai massa yang besar dan menghasilkan gaya gravitasi yang besar pula untuk saling tarik menarik dengan benda-benda yang ada di sekeliling Bumi. Seperti makhluk hidup dan benda-benda lain yang ada di luar angkasa seperti bulan dan matahari. Gravitasi hanya dapat terjadi di sekitar medan gravitasi. Medan gravitasi merupakan daerah yang dapat menyebabkan suatu benda bermassa mengalami gravitasi. Medan gravitasi ini dihailkan oleh suatu benda yang sama-sama memiliki massa.

Hmmm bukan Cuma matahari atau Bumi loh yang punya gaya gravitasi, tapi seluruh planet di Jagad raya pasti punya gravitasi sendiri-sendiri dan dengan takaran yang pas. Misalnya, gaya gravitasi bumi terhadap bulan. Karena gaya gravitasi, bulan berada pada jarak tertentu dengan bumi. Karena gaya gravitasi tersebut, bumi tidak bertabrakan dengan bulan.

Bumi berotasi sangat cepat, karena itu gaya tarik gravitasi matahari menjadi sangat penting. Jarak bumi ke matahari serta benda-benda langit lain yang telah d buat sedemikian rupa juga menjadi faktor kesempurnaan gaya gravitasi yang Allah ciptakan sehingga alam semesta ini begitu seimbang. Subhanallah....


Bayangkan jika matahari mengurangi kekuatan gravitasinya, kita pasti akan melayang-layang di angkasa bersama bumi kita karena kita akan kehilangan gaya gravitasi . Hal ini akan mengakhiri keberadaan bumi. Di sisi lain, jika matahari menambah besar gaya gravitasinya, bumi kita akan tersedot oleh matahari dan melebur. Tentunya seluruh isi bumi kita akan musnah dan jagad raya akan hancur. Gaya gravitasi matahari juga menjaga planet-planet dalam orbit yang benar sehingga terhindar dari tabrakan antar sesamanya. Itulah kuasa Allah yang tidak pernah bisa dibayangkan oleh akal manusia..

0 komentar

Posting Komentar